Konsep Desain Taman Semak Hijau Yang Harum dan Murah

Taman Semak
Konsep Desain Taman Semak Hijau Yang Harum dan Murah ---Sekalipun lahan terbatas, Anda tetap dapat menanam puluhan pohon dengan biaya murah. Anda pun bisa memanfaatkan “tanaman liar”, yang pastinya banyak kita jump[ai di sekitar kita. Bagaimana konsep ini bisa menciptakan sebuah taman rumah?

Malam mulai merambat. Jendela dan pintu yang sejak senja dibuka lebar, mengalirkan harum bunga yang dibawa angin. Bunga Keladi Besar biasanya menyebarkan wangi seperti parfum.
Konsep Taman Semak
Konsep Desain Taman Semak Hijau Yang Harum dan Murah
Sebuah rumah yang berdiri di atas lahan 200m2, nyaris seluruh lahan digunakan untuk bangunan rumah berlantai dua. Yang tersisa cuma sekitar 2m dari tembok rumah ke tembok pagar. Sang pemilik tidak kehilangan akal. Ia membagi lahan sisa itu. Sekitar 80cm dari pagar tembok ditanami berbagai tumbuhan semak. Lalu, 60cm dari tembok rumah untuk tanaman merambat ke tembok. Di tengahnya, selebar 60cm, dijadikan gang untuk jalan.

Rumah itu pun seolah-olah dikepung berbagai tanaman. Pisang Kipas, Keladi Besar, Nusa Indah, Kembang Sepatu, Kamboja Kuning, menaungi tanaman kecil. Pepohonan dibiarkan menjulur ke jalanan atau menjuntai ke dalam rumah.

Adapun aneka tanaman semak ditempatkan dalam gundukan tanah sekitar 30cm lebih tinggi dari gang. Ini membuat siraman air ke pohon tidak akan berceceran ke lantai jalan. Jika ada tanaman baru, bisa ditampung dalam pot dan diletakkan berjejer di antara jalan setapak itu. Di bawah jendela panjang, ditempatkan talang air dari plastik sebagai wadah tanaman Sirih Gading.

Jalan di antara semak dibuat dengan memadukan keramik berglasir kasar warna marun dengan batu sikat. Di lahan terbatas itu, mampu menampung sedikitnya 25 jenis tanaman, yang bisa diganti-ganti tiap kali kita merasa bosan. Pemberian pupuk kandang secara teratur, dan selalu menjaga tanaman yang tak kuat sengatan matahari dengan cara memindahkannya ke area rindang. Dari teras rumah, bau harum daun yang basah oleh siraman air hujan terasa menyegarkan.

Semoga Konsep Desain Taman Semak Hijau Yang Harum dan Murah ini bisa menjadi inspirasi dan referensi desain eksterior taman rumah Anda. Baca juga inspirasi ekterior taman rumah sebelumnya tentang Konsep Tanaman Tempel Pengganti Taman Rumah. Semoga bermanfaat!
newer older home